Marc Guiu: Apakah Pahlawan Remaja Baru Bisa Menjadi Superstar Barcelona?

Guiu mencetak gol kemenangan dalam debutnya hanya beberapa detik setelah masuk dari bangku cadangan, tapi ia bukan pemain yang biasa dari La Masia.

Media Spanyol, Sport, menyebutnya sebagai “penyerang dalam bayang-bayang.” Seorang mantan pelatihnya mengakui bahwa ia “tidak dapat dihentikan dengan ruang.” Namun sekarang, Marc Guiu adalah pahlawan kultus Barcelona, seorang pemain berusia 17 tahun yang menyelamatkan hasil untuk timnya dalam beberapa detik setelah ia kembali ke dalam kesadarannya dan masih bisa menjadi bagian penting dari susunan pemain Blaugrana untuk tahun-tahun mendatang.

Guiu tidak membuang banyak waktu untuk memperkenalkan dirinya kepada dunia pada Minggu. Sekitar 23 detik, sebenarnya. Ketika Ferran Torres dan Joao Felix gagal, ia berhasil, melesat ke belakang barisan pertahanan Athletic Club, melakukan satu sentuhan, sebelum mengarahkan tendangannya melewati kaki Unai Simon dan masuk ke dalam gawang.

Artikel dilanjutkan di bawah ini

Itu adalah sebuah gol yang menunjukkan semua yang ada dalam diri Guiu. Ia adalah seorang pemain yang tidak seperti penyerang-penyerang La Liga modern, sebuah pola dasar yang jarang dimiliki sepakbola Spanyol. Guiu kuat, cepat, dan langsung, seorang pemain No.9 yang berbakat secara fisik dan kejam. Ia bukanlah seorang penyerang penghubung atau pemain false nine. Sebaliknya, Guiu adalah pencetak gol yang berpotensi mengubah permainan – sesuatu yang ia tunjukkan dalam debutnya di Barca.

Namun, dari manakah dia berasal? Dan bagaimana La Masia, yang terkenal dengan pembinaan pemain-pemain teknikal, mengembangkan seorang penyerang seperti dia? GOAL mengulas tentang pemain No.9 yang berpotensi menjadi pemain yang kejam…