Profil Mees Hilgers, tembok baru Timnas Indonesia

Profil Mees Hilgers, tembok baru Timnas Indonesia

Jakarta (ANTARA) – Mees Victor Joseph Hilgers atau biasa dikenal Mees Hilgers merupakan pesepak bola yang belum lama ini resmi disahkan sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

Hilgers mengambil sumpah kewarganegaraan bersama pemain lainnya, Eliano Reijnders di Kedutaan Republik Indonesia, Brussel, Belgia, pada Senin, 30 September 2024.

Berposisi sebagai bek tengah, Hilgers merupakan pemain utama dari tim divisi teratas Belanda, FC Twente yang juga bermain di Liga Eropa atau UEFA Europa League.

 

Twente’s Mees Hilgers (L) vies with Feyenoord’s Thomas van den Belt (R) during the Dutch Eredivisie football match between Feyenoord and FC Twente at Feyenoord Stadion de Kuip on January 28, 2024 in Rotterdam. (Photo by MAURICE VAN STEEN / ANP / AFP) / Netherlands OUT (AFP/MAURICE VAN STEEN)

Profil Mees Hilgers

Meess Hilgers lahir di Amersfoort, Belanda pada 13 Mei 2001. Usianya saat masih cukup muda, yaitu 23 tahun.

Hillgers memulai kariernya di akademi Sparta Nijkerk Youth sebelum akhirnya bergabung bersama akademi FC Twente di tahun 2011.

Bersama Twente, Hilgers menimba pendidikan sepak bola selama sembilan tahun dan bermain di tim kelompok umur (U17, 19, U21).

Hingga pada Oktober 2020, Hilgers akhirnya masuk ke dalam tim utama FC Twente dan melakukan debut saat timnya menang melawan Ajax Amsterdam dengan skor 2-1.

Pemain yang memiliki postur tinggi 185 centimeter ini dikontrak hingga 2026 oleh FC Twente dan sejauh ini dirinya telah bermain sebanyak 107 kali untuk tim tersebut, dengan total 3 gol sebagai centre back atau bek tengah.

Penampilannya beberapa saat yang lalu ketika berjumpa Manchester United di Old Trafford dalam ajang Liga Eropa menjadi pembicaraan, karena dirinya bermain dengan baik dan timnya berhasil menahan imbang si setan merah dengan skor 1-1.

Darah keturunan

Sebelum menjadi pemain Indonesia, Hilgers sebenarnya sempat tergabung dalam skuad Belanda U21 yang saat itu tampil dalam laga persahabatan melawan Belgia U21, pada September 2022.

Namun, saat ini Hilgers lebih memilih Timnas Indonesia yang merupakan negara asal sang Ibu, Linda Tombeng yang berasal dari Sulawesi Utara, Indonesia.

Setelah resmi menjadi WNI, dirinya bersama pemain baru lainnya, yaitu Eliano Reijnders akan mempersiapkan pertandingan pertamanya setelah masuk dalam skuad Timnas Indonesia untuk menghadapi Bahrain dan Tiongkok pada kualifikasi Piala Dunia ronde 3 zona Asia nanti.

Nilai pasar

Dilansir dari situs Transfermarkt, harga atau nilai pasar Mees Hilgers mencapai 7 juta Euro atau setara Rp 118 miliar. Hal ini menjadikan dirinya sebagai pesepak bola termahal di kawasan Asia Tenggara atau Asean.

Nilai pasar Hilgers bahkan lebih tinggi dibanding nilai pasar gabungan skuad Vietnam (6,8 juta Euro), Thailand (6,4 juta Euro), dan Malaysia (6,3 juta Euro).

Baca juga: Shin Tae-Yong panggil 27 nama untuk hadapi Bahrain dan China

Baca juga: Mees Hilgers dan Eliano Reinjders bangga bela Indonesia

Baca juga: Kemenkumham: Naturalisasi Hilgers-Reijnders strategi Indonesia Emas

Pewarta: Raihan Fadilah
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024