1.538 personel amankan final leg kedua Madura United vs Persib

Bangkalan (ANTARA) – Kepolisian Resor Bangkalan, Jawa Timur, mengerahkan sedikitnya 1.538 personel untuk mengamankan laga final leg kedua Liga 1 musim 2023/2024 antara tuan rumah Madura United menghadapi Persib Bandung di Stadion Gelora Bangkalan, Jumat (31/5).

Kepala Bagian Operasional Polres Bangkalan Ajun Komisaris Polisi Moch Rifa’e di Bangkalan, Rabu, mengatakan personel keamanan yang diterjunkan merupakan gabungan dari berbagai satuan dan institusi.

“Selain dari unsur polisi, kami juga melibatkan personel dari unsur TNI dan instansi samping di lingkungan Pemkab Bangkalan,” ujar Rifa’e.

Ia menjelaskan pengerahan personel dalam jumlah banyak itu karena beberapa pertimbangan. Selain merupakan laga penentu, pertemuan kedua final Liga 1 antara Madura United dengan Persib Bandung juga menjadi perhatian semua pihak.

Pada leg pertama di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Minggu (26/5), tuan rumah “Maung Bandung” mengalahkan Madura United dengan skor telak 3-0. 

“Pola pengamanan yang kami terapkan kali ini berbeda dengan pertandingan-pertandingan biasa. Setiap pintu menuju tribun penonton akan dijaga puluhan personel,” katanya.

“Personel akan dibagi beberapa sektor, semua pintu akan dijaga ketat. Stadion juga hanya diperuntukkan suporter tuan rumah yang memiliki tiket resmi, sedangkan yang tidak (punya tiket) akan difasilitasi Pak Kapolres nobar (nonton bareng) di Mapolres Bangkalan,” tambahnya.

Tidak hanya itu, area parkir halaman stadion juga bakal disterilkan sebab pejabat pemerintah, pengurus PSSI dan operator Liga Indonesia Bersatu (LIB) dijadwalkan hadir di Stadion Gelora Bangkalan.

“Pejabat pemerintah dan LIB hadir langsung dalam laga final sekaligus penyerahan piala kepada juara dan runner up-nya,” katanya, menjelaskan.

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024