Pasar Mobil Listrik di Indonesia Masih Dikuasai Kelas Menengah Atas

Pasar Mobil Listrik di Indonesia Masih Dikuasai Kelas Menengah Atas

Penggunanya pun banyak berasal dari kelompok urban kelas menengah atas yang sebelumnya telah memiliki mobil bermesin konvensional.

“Transisi ini lebih mencerminkan perubahan perilaku, bukan pertumbuhan pasar baru. Informasi ini penting untuk diperhatikan seluruh pihak yang berkaitan dengan industri otomotif,” ujar Asti Putri, Co-Founder sekaligus Director ID COMM yang memimpin riset tersebut, saat pemaparan hasil kajian di Jakarta, Kamis (11-12-2025).

Dari perspektif pengguna, sejumlah faktor menjadi penentu keputusan membeli kendaraan listrik. Temuan riset menunjukkan bahwa efisiensi biaya operasional berada di posisi teratas, khususnya bagi konsumen dengan mobilitas tinggi.

Insentif pajak juga memengaruhi keputusan, mengingat beban pajak tahunan mobil listrik hanya sekitar Rp150.000.

“Pembeli mobil listrik bukan first-timer, melainkan pengguna mobil ICE yang ingin menjajal teknologi baru atau menambah kendaraan kedua,” demikian pernyataan satu di antara perwakilan industri yang dikutip dalam laporan tersebut.