Lukaku ukir quattrick saat Belgia menang 5-0 atas Azerbaijan

Bandung (ANTARA) – Romelu Lukaku mengukir quattrick atau empat gol saat Belgia menghancurkan Azerbaijan dengan skor 5-0 pada pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2024 pada Minggu, setelah Serbia memastikan tiket mereka pada putaran final di Jerman tahun depan.

Penyerang AS Roma Lukaku menambahi koleksi gol internasionalnya bersama tim nasional Belgia menjadi 83 gol, di mana semua golnya itu terjadi pada babak pertama di Brussel.

Ia membuka keunggulan Belgia pada menit ke-17 dengan mengonversi umpan silang Jeremy Doku, sebelum Eddy Israfilov mendapatkan kartu kuning keduanya tujuh menit kemudian untuk membuat Azerbaijan harus meneruskan laga dengan sepuluh pemain.

Lukaku mengemas satu gol lagi tidak lama kemudian, dan menanduk bola operan Wout Fae untuk melengkapi trigolnya.

Ia kemudian menggenapi golnya menjadi empat gol 20 menit kemudian, sebelum kemudian digantikan Lois Openda saat turun minum.

Belgia mengendurkan tekanan pada babak kedua, namun Leandro Trossard menambahi gol kelima pada menit ke-90 dengan memanfaatkan assist lain dari Doku.

Baca juga: Romelu Lukaku cetak trigol saat timnas Belgia atasi Swedia

Belgia menyelesaikan fase grup dengan memuncaki klasemen Grup F, mereka unggul satu poin atas Austria. Kedua klub itu telah memastikan tiket ke Jerman dengan satu pertandingan tersisa.

Swedia mengakhiri kualifikasi buruk mereka, di mana mereka gagal lolos ke putaran final ke Piala Eropa untuk pertama kalinya sejak 1996, dengan kemenangan 2-0 atas Estonia pada pertandingan lain di grup itu.

Serbia lolos ke Piala Eropa untuk pertama kalinya sebagai negara merdeka, setelah empat kegagalan sebelumnya, berkat hasil imbang 2-2 saat melawan Bulgaria.

Serbia finis di posisi kedua Grup G di bawah Hungaria, yang menghancurkan harapan Montenegro untuk lolos dengan mengalahkan mereka 3-1 di Budapest.

“Para pemain memperlihatkan mentalitas pantang menyerah, yakin pada diri sendiri. Ini adalah hari yang besar bagi sepak bola Serbia. Serbia akhirnya lolos ke Piala Eropa,” kata pelatih timnas Serbia Dragan Stojkovic seperti dikutip AFP.

“Saya berterima kasih kepada para pemain saya, yang berjuang sampai akhir dan tetap percaya. Kami gembira dan puas,” tambahnya.

Bek tengah Milos Vejkovic membawa Serbia memimpin pada menit ke-17, sebelum pemain pengganti Georgi Rusev menyamakan kedudukan untuk Bulgaria pada menit ke-59.

Sepuluh menit berselang Kiril Despodov membawa tim tamu memimpin, namun Srdjan Babic menyamakan kedudukan delapan menit sebelum laga usai untuk memastikan Serbia akan menjadi tim ke-17 yang lolos ke Piala Eropa 2024.

Montenegro memerlukan Serbia kalah untuk menjaga harapan mereka lolos ke Piala Eropa 2024, namun mereka juga memerlukan kemenangan atas Hungaria yang juga tampil impresif selama kualifikasi.

Slobodan Rubezic membawa Montenegro memimpin pada menit ke-36, namun Hungaria mampu bangkit pada babak kedua dengan dua gol dalam tiga menit dari gol gelandang Liverpool Dominik Szoboszlai sebelum Zsolt Nagy menambahi satu gol lagi menjelang pertandingan usai.

Pada pertandingan-pertandingan lain yang dimainkan pada Minggu, Portugal, Spanyol, Skotlandia, dan Slovakia, yang telah memastikan lolos ke Jerman, akan memainkan pertandingan-pertandingan terakhir mereka di fase grup.

Baca juga: Belanda menang 2-1 di markas Irlandia pada kualifikasi Piala Eropa

Baca juga: Mengheningkan cipta akan awali laga-laga kualifikasi Piala Eropa

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2023