Jepang vs Indonesia: Perbandingan Sistem Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat

Jepang vs Indonesia: Perbandingan Sistem Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat

Penting bagi suatu negara untuk memiliki sistem kesehatan yang kuat dan masyarakat yang sejahtera. Dalam hal ini, Jepang dan Indonesia adalah dua negara yang menarik untuk dibandingkan. Mari kita lihat perbedaan dan kesamaan antara sistem kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di kedua negara ini.

Sistem kesehatan di Jepang terkenal di seluruh dunia karena keunggulannya. Negara ini memiliki salah satu harapan hidup tertinggi dan tingkat kematian bayi terendah di dunia. Menurut Dr. Toshio Takatorige, seorang ahli kesehatan di Jepang, “Sistem kesehatan Jepang didasarkan pada prinsip universalitas dan keadilan.”

Salah satu aspek penting dalam sistem kesehatan Jepang adalah asuransi kesehatan nasional, yang dikenal sebagai “kokumin kenko hoken”. Setiap warga negara Jepang wajib memiliki asuransi ini, yang mencakup hampir semua jenis perawatan kesehatan. Dr. Satoshi Kaneko, seorang pakar kesehatan masyarakat, menjelaskan bahwa “asuransi kesehatan nasional di Jepang memberikan akses yang luas dan terjangkau bagi semua orang.”

Di sisi lain, sistem kesehatan di Indonesia masih menghadapi tantangan besar. Meskipun pemerintah telah berkomitmen untuk meningkatkan akses kesehatan bagi seluruh penduduk, masih ada kesenjangan yang signifikan antara kota dan pedesaan, serta antara kelompok sosial ekonomi yang berbeda. Menurut Dr. Nila Djuwita F. Moeloek, Menteri Kesehatan Indonesia, “Kami masih memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mencapai universalitas dalam sistem kesehatan kami.”

Salah satu langkah penting yang diambil oleh pemerintah Indonesia adalah peluncuran program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) pada tahun 2014. Program ini bertujuan untuk memberikan akses kesehatan yang terjangkau bagi seluruh penduduk Indonesia. Namun, banyak ahli kesehatan masih memiliki keraguan tentang keberlanjutan dan efektivitas program ini.

Selain sistem kesehatan, kesejahteraan masyarakat juga menjadi faktor penting dalam membandingkan Jepang dan Indonesia. Jepang dikenal dengan tingkat kesejahteraan yang tinggi, dengan sedikitnya jumlah penduduk yang hidup di bawah garis kemiskinan. Menurut Prof. Kazuhiro Kumo, seorang pakar kesejahteraan di Jepang, “Sistem perlindungan sosial yang kuat di Jepang memberikan jaminan keamanan finansial bagi penduduknya.”

Di sisi lain, Indonesia masih menghadapi tantangan dalam mencapai kesejahteraan masyarakat yang merata. Meskipun negara ini telah mencatat kemajuan ekonomi yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir, kesenjangan pendapatan masih menjadi masalah yang serius. Dr. Rizal Sukma, Direktur Eksekutif The Habibie Center, menyatakan, “Kesejahteraan masyarakat yang merata menjadi tantangan utama bagi Indonesia dalam mencapai pembangunan yang berkelanjutan.”

Dalam menghadapi tantangan ini, pemerintah Indonesia perlu melibatkan berbagai pemangku kepentingan dan mengambil langkah-langkah konkret untuk meningkatkan sistem kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Diperlukan kerjasama antara sektor publik dan swasta, serta dukungan dari masyarakat.

Dalam kesimpulan, sistem kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di Jepang dan Indonesia memiliki perbedaan yang signifikan. Jepang memiliki sistem kesehatan yang kuat dan tingkat kesejahteraan yang tinggi, sementara Indonesia masih berjuang untuk mencapai universalitas dalam sistem kesehatan dan kesejahteraan masyarakat yang merata. Namun, dengan komitmen dan upaya bersama, Indonesia dapat mengambil langkah-langkah menuju sistem kesehatan dan kesejahteraan masyarakat yang lebih baik.

Referensi:
1. Takatorige, Toshio. “Universal Health Coverage in Japan: Lessons for Low- and Middle-Income Countries.” World Bank Blogs. 2 Oktober 2020. https://blogs.worldbank.org/health/universal-health-coverage-japan-lessons-low-and-middle-income-countries
2. Kaneko, Satoshi. “Healthcare System in Japan: Universal Health Insurance and Long-term Care Insurance.” The Japan Times. 14 Maret 2021. https://www.japantimes.co.jp/news/2021/03/14/national/social-issues/healthcare-system-japan/
3. Moeloek, Nila Djuwita F. “Indonesia‚Äôs Health System: On a Path to Universal Coverage and Better Health.” The World Bank Blogs. 13 November 2020. https://blogs.worldbank.org/health/indonesia-s-health-system-path-universal-coverage-and-better-health
4. Kumo, Kazuhiro. “Welfare in Japan: Universalism and the Challenges of Sustainability.” The Japan Times. 17 Desember 2020. https://www.japantimes.co.jp/opinion/2020/12/17/commentary/japan-commentary/welfare-japan-universalism-sustainability/
5. Sukma, Rizal. “Indonesia’s Development Challenge of Achieving Equitable Welfare.” The Habibie Center. 18 September 2019. https://www.habibiecenter.or.id/indonesias-development-challenge-of-achieving-equitable-welfare/