Jepang menang tipis 1-0 atas Polandia pada laga perdana

Bandung (ANTARA) – Timnas Jepang U-17 menang tipis 1-0 atas Polandia pada laga perdana Grup D Piala Dunia U-17 yang dimainkan di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu.

Gol semata wayang Jepang dibukukan oleh pemain pengganti Rento Takaoka pada menit ke-76.

Raihan tiga poin membawa Jepang memuncaki klasemen sementara Grup D, sedangkan Polandia terpuruk di dasar klasemen dengan nol poin. Pertandingan Grup D lainnya yakni Argentina melawan Senegal akan berlangsung pada Sabtu malam.

Pada awal babak pertama, kedua tim tampil berhati-hati sambil berusaha mencari kelemahan lawannya. Peluang bagus pertama menjadi milik tim Jepang saat kiper Wataru Goto mengirim bola panjang tertuju kepada Alen Inoue namun penyelesaiannya masih melebar ke sisi kiri gawang Polandia.

Polandia tidak tinggal diam. Szymon Lyczko merangsek masuk ke tepi kotak penalti, sebelum mengirimkan umpan tarik mendatar yang dapat disambar kiper Jepang Goto.

Bintang Polandia Karol Borys mendapat peluang bagus pada menit ke-22, melalui tembakan yang melambung di atas gawang Jepang. Tidak lama kemudian, giliran Inoue yang mendapatkan peluang bagus keduanya, yang lagi-lagi berakhir melebar dari gawang Polandia.

Satu peluang bagus milik Polandia didapat Jakub Krzyzanowski yang bekerja sama dengan Borys untuk mendapat ruang di dalam kotak penalti, sebelum ia melepaskan umpan tarik yang dapat dihalau bek Jepang. Babak pertama pun berakhir imbang tanpa gol.

Baca juga: Inggris buka pertandingan Grup C dengan pesta gol atas Kaledonia Baru

Polandia lebih dahulu mengambil inisiatif serangan pada babak kedua. Daniel Mikolajewski melepaskan tembakan yang dapat ditahan kiper Wataru Goto.

Jepang balas mengancam pada menit ke-64. Inoue bergerak cepat memasuki kotak penalti Polandia untuk melepaskan tembakan yang ditepis kiper Michal Matys. Bola pantul disambar Inoue untuk kembali ditahan Matys, sebelum diamankan sang kiper.

Pertandingan kemudian harus dihentikan karena hujan deras. Kondisi lapangan tidak terpengaruh dengan hujan deras, namun demi menjaga keselamatan para pemain, diputuskan bahwa pertandingan harus dihentikan.

Laga kemudian diteruskan kembali sekira 15 menit kemudian. Tidak lama kemudian gol pemecah kebuntuan tercipta. Menerima bola dari depan kotak penalti, Rento Takaoka menggiring bola sebentar untuk kemudian diselesaikan dengan sepakan kaki kiri yang bersarang ke sudut gawang Polandia.

Keunggulan 1-0 bagi Jepang bertahan sampai peluit panjang ditiup wasit Pierre Ghislain Atcho.

Daftar susunan pemain:

Jepang: Wataru Goto, Haruto Matsumoto, Keita Kosugi, Kaito Tsuchiya, Kataro Honda, Yataro Nakajima, Yumeki Yoshinaga, Gaku Nawata, Homare Tokuda, Shuto Nagano, Alen Inoue.

Pelatih: Yoshiro Moriyama

 

Polandia: Michal Matys; Dominik Szala, Jakub Krzyzanowski, Igor Orlikowski, Maksymilian Sznaucher, Karol Borys, Krzystof Kolanko, Szymon Lyczko, Marcel Regula, Daniel Mikolajewski, Mike Huras.

Pelatih: Marcin Wlodarski

 

Wasit: Pierre Ghislain Atcho

Baca juga: Pelatih Senegal belum tahu persis kekuatan Argentina

​​​​​​​Baca juga: Bima Sakti bersyukur pemainnya bisa mendapat poin di Piala Dunia U-17

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2023