Dansa terakhir Toni Kroos bersama Jerman di Piala Eropa 2024

Jakarta (ANTARA) – Gelandang tim nasional Jerman, Toni Kroos memutuskan hajatan Piala Eropa 2024 akan menjadi ajang terakhirnya sebagai pemain profesional.

Toni yang sebelumnya memutuskan gantung sepatu dari timnas Jerman pada 29 Juni 2021 menyusul kekalahan dari Inggris pada babak 16 besar Piala Eropa 2020.

Keputusan pensiun tersebut tidak terlepas dari kritikan pedas publik Jerman yang menilai performa gelandang Real Madrid tersebut begitu jauh dari standar.

Kritikan tersebut salah satunya dilontarkan oleh Presiden Bayern Muenchen, Uli Hoeneb yang mengatakan umpan horizontal, yang jadi ciri khas Kroos, tidak sesuai dengan gaya sepak bola modern.

Selain itu, kritikan juga dilontarkan oleh legenda sepak bola Jerman sekaligus legenda Bayern Muenchen, Lothar Matthaus yang mengungkapkan gaya permainan Kroos tidak berada di level pemain kelas satu di kancah internasional.

Usai Kroos pensiun, Tim Panzher seperti kehilangan kepingan puzzle pemain bernomor delapan di lini tengah. Di gelaran Piala Dunia 2022 peran Kroos sebagai gelandang penyambung antar lini coba diambil perannya oleh Ilkay Gundogan.

Baca juga: Toni Kroos: Spanyol ajari kami cara bermain bola

Hasilnya cukup mengecewakan, Thomas Mueller dan kawan-kawan yang tergabung di grup E bersama dengan Jepang, Spanyol dan Kosta Rika untuk kedua kali berturut-turut dalam edisi terakhir Piala Dunia gagal lolos dari babak fase grup.

Jerman yang mengoleksi empat poin dari hasil satu kemenangan, satu imbang dan satu kali kalah hanya mampu menduduki peringkat ketiga di bawah Jepang dan Spanyol.

Publik Jerman pun mencari kuda hitam akan keterpurukan timnas Jerman dengan menumbalkan pelatih Hansi Flick yang gagal melepaskan keterpurukan dari tim berjuluk Der Panzer.

Dengan proses yang terhitung selama kurun waktu dua tahun, Jerman masih belum menemukan nyawa pemain nomor delapan sebagai penghubung yang mampu menanggung beban untuk menjadi pemain yang mengatur tempo permainan dan merencanakan skema transisi baik dari bertahan ke menyerang ataupun sebaliknya.

Jerman yang berstatus sebagai tuan rumah Piala Eropa 2024 tentu dalam kondisi yang bingung menemukan pemain bertugas sebagai nomor delapan. Lalu pencarian tersebut Kembali berlabuh kepada seorang yang berasal dari Jerman Timur, Toni Kroos. Usai pelatih Jerman, Julian Nagelsmann mencoba meyakinkan Toni Kroos untuk Kembali tampil bersama tim Panzer di gelaran Piala Eropa 2024.

“Saya akan bermain untuk Jerman lagi di bulan Maret. Kenapa? karena saya diminta oleh pelatih federal, saya juga sedang bersemangat dan yakin dengan tim saat ini di Euro, dibanding dengan yang sebelum-sebelumnya,” ujar Toni Kroos (22/2).

Baca juga: Toni Kroos umumkan akan kembali perkuat timnas Jerman untuk Euro 2024

Selanjutnya: Kroos sang pemain

Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024