Satu Bela Israel, Satu Bela Palestina

Satu Bela Israel, Satu Bela Palestina

Satu Bela Israel, Satu Bela Palestina


London

Ada beda suara di Arsenal. Mohamed Elneny bela Palestina, sementara Oleksandr Zinchenko bela Israel tapi berujung dihujat dan kini medsosnya di-private!

Konflik Israel dan Palestina terus menjadi perhatian dunia. Korban meninggal dunia lebih banyak jumlahnya di Palestina, akibat serangan udara Israel.

Reuters melansir, setidaknya 3.000 lebih korban tewas di Gaza akibat serangan udara Israel sejak beberapa pekan terakhir. Terbaru, rumah sakit RS Baptis Al-Ahli di jalur Gaza, pada Rabu (18/10) dini hari WIB hancur diduga oleh rudal Israel dan menelan 500 korban jiwa meninggal dunia, kebanyakan adalah anak-anak.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Para pesepakbola dunia sudah bersuara mengecam aksi Israel yang menyerang Palestina. Namun di Arsenal, ada suara yang terbelah.

Gelandang tengah, Mohamed Elneny menyatakan sikapnya membela Palestina. Elneny sampai mengubah profile picture-nya di Twitter dengan bendera Palestina.

“Hatiku, jiwaku, dan dukunganku untuk Palestina,” tulisnya di sosial media pribadinya.

Elneny sudah menyuarakan aksi bela Palestina sejak tahun 2021. Pemain asal Mesir itu pun dikenal sebagai muslim yang taat.

Lain sisi, bek sayap Arsenal yakni Oleksandr Zinchenko membela Israel. Zinchenko sempat mem-posting di InstaStory dengan tulisan ‘I Stand with Israel’ pada pekan lalu.

Pemain berusia 26 tahun itu lantas menghapus posting-an tersebut. Selanjutnya, Zinchenko juga mengunci akunnya sampai saat ini!

Oleksandr Zinchenko (Foto: AFP/JUSTIN TALLIS)

Tahun 2019 lalu, Mesut Oezil sempat dicoret dari skuad Arsenal karena aksinya mendukung Muslim Uighur yang tertindas di China. Khusus Oleksandr Zinchenko, dirinya diketahui sempat mendapat protes dari netizen karena aksi Israel tak jauh bedanya dengan Rusia yang memerangi Ukraina, negara si pemain.

Apakah Arsenal akan mengambil sikap untuk kedua pemainnya tersebut?

(aff/bay)