Arsenal Tuntut Perbaikan Kualitas Wasit


London

Arsenal sebagai klub mengkritik kepemimpinan wasit di laga kontra Newcastle United. Menurut klub kualitas wasit harus diperbaiki secepatnya!

Arsenal harus mengakui keunggulan 0-1 Newcastle saat bertemu di St James’ Park, Minggu (5/11/2023) dini hari WIB. Gol kemenangan tuan rumah dibuat Anthony Gordon pada menit ke-64.

Satu-satunya gol di laga itu menjadi perdebatan terkait keabsahannya. Pasalnya ada beberapa insiden yang muncul sebelum gawang Arsenal bobol.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sebelum Joe Willock mengirim umpan silang ke depan gawang Arsenal, bola ‘tampak’ sudah meninggalkan lapangan. Lalu ada pula sederet potensi pelanggaran yang terjadi sebelum gol tercipta. Mulai dari dugaan Joelinton melanggar Takehiro Tomiyasu, Joelinton melanggar Gabriel, hingga offside Gordon.

Bahkan perangkat pertandingan sampai menghabiskan waktu hampir empat menit, sebelum menyatakan gol itu sah. Mikel Arteta selaku manajer mencak-mencak melihat timnya dirugikan wasit.

Dia mengaku tidak pernah melihat kepemimpinan wasit seburuk itu dan menuntut ada perbaikan. Hal serupa juga diutarakan oleh klub yang menila keputusan wasit tidak bisa diterima dengan akal sehat.

“Arsenal Football Club sepenuh hati mendukung komentar Mikel Arteta usai laga setelah kepemimpinan wasit yang sangat buruk dan kesalahan VAR pada Sabtu sore kemarin,” ujar pernyataan resmi Arsenal.

“Kami juga ingin berterima kasih atas dukungan penuh dan performa para pemain serta suporter kami di St James’ Park.”

“Premier League adalah kompetisi terbaik di dunia dengan para pemain, pelatih, dan suporter terbaik pantas mendapatkan lebih. PGMOL harus segera memperbaiki standar perangkat pertandingan dan fokus pada tindakan yang nyata ketimbang hanya sekadar meminta maaf, analisa, dan penjelasan panjang.

“Kami akan mendukung penuh upaya Komisi Wasit Howard Webb dan siap bekerjasama untuk menciptakan perangkat pertandingan kelas dunia.”

Simak Video “Sandro Tonali Dihukum Larangan Bermain 10 Bulan Akibat Judi Bola
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/raw)