Timnas Indonesia Takluk, Shin Tae-yong Sebut China Lebih Ngotot

Timnas Indonesia Takluk, Shin Tae-yong Sebut China Lebih Ngotot


Qingdao

Timnas Indonesia takluk dalam lawatan ke China. Shin Tae-yong menyebut kedua tim sama-sama ingin menang, tapi menilai China sedikit lebih bertekad.

Indonesia kalah 1-2 dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Qingdao Youth Football Stadium, Selasa (15/10/2024) malam WIB. Tertinggal dua gol lebih dulu, timnas cuma bisa menipiskan selisih lewat Thom Haye di penghujung laga.

Secara permainan, skuad Garuda bermain dominan. Namun China tampil lebih efektif dan berhasil memanfaatkan kelengahan timnas Indonesia.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kedua gol mereka didapatkan dari margin tipis. Pertama dari kesalahan Shayne Pattynama yang gagal mengamankan bola di garis belakang.

Sementara yang kedua adalah hasil turnover, saat operan Calvin Verdonk tak bisa dikontrol Ragnar Oratmangoen dengan sempurna. Indonesia tampil lebih baik di babak kedua usai sejumlah pergantian, namun momentumnya terlambat untuk menyelamatkan laga.

“Selama kepada Tiongkok yang telah memenangkan pertandingan ini. Baik Tiongkok maupun Indonesia sebetulnya sama-sama menunjukkan keinginan untuk menang. Akan tetapi, keinginan Tiongkok jauh lebih besar,” kata Pelatih Timnas Shin Tae-yong seusai pertandingan.

Ini jadi kekalahan pertama Indonesia dari empat pertandingan Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026. Mengumpulkan tiga poin dari tiga kali imbang, kans timnas masih terbuka lebar selepas hasil imbang Arab Saudi vs Bahrain.

Kecuali Jepang yang melesat dengan 10 poin, lima tim lain masih dalam jangkauan. Australia, Arab Saudi, dan Bahrain mengumpulkan lima poin di posisi 2-4, disusul Indonesia dan China dengan tiga poin masing-masing.

“Meski kami kalah, kami sudah unjuk performa. Ini bukan akhir dari segalanya. Timnas Indonesia bakal mempersiapkan diri lebih baik untuk pertandingan berikutnya dengan kondisi yang jauh lebih baik,” sambung pelatih asal Korea Selatan tersebut.

(raw/adp)